Beberapa komplikasi yang dapat terjadi disebabkan penyakit maag

Hampir setiap orang pernah alami penyakit maag tanpa disadari oleh mereka. Maag merupakan kumpulan dari gejala seperti panas di dada (heartburn), kembung, mual, serta mulas. Sudah sangat umumnya, sampai banyak orang malah sepelekan gejala maag tersebut, yang pada awalnya tidak terlalu parah dengan seiringnya waktu akan bisa menjadi kronis serta bisa tumbulkan bahaya. Sebenarnya apa saja akibat dari penyakit maag bila tidak diobati dengan benar? Berikut ini ulasannya:

Maaf yang datang akan bisa memunculkan berabagai macam hal. Seperti dari minuman alkohol, kebiasaan merokok, dan pola makan yang buruk. atau juga bisa dari penyakit lain seperti tukak lambung, GERD, atau radang lambung (gastritis).

Di gejala maag yang ringan, umumnya hindari pemicu yang bisa dijadikan sebagai perawatan. Akan tetapi, bagi orang yang penyebab maagnya dari masalah medis, perawatan pastinya akan memerlukan kombinasi dengan obat. Bila tidak, maag yang akut ataupun yang kronis dapat timbulkan berbagai macam penyakit lainnya yang membahayakan sehingga bisa membuat luka atau peradangan semakin buruk. Berikut ini merupakan beberapa macam masalah kesehatan yang disebabkan dikarenakan penyakit maag akut atau kronis bila tidak diobati dengan benar:

1. Kanker lambung dan pendarahan

Radang lambung atau gastritis adalah penyakit yang disebabkan dari gejala maag. Dikarenakan tidak dibobat dengan benar, penyakit yang timbulkan gejala maag tersebut dapat sebabkan pendarahan pada lambung. Jika telah timbulkan pendarahan, gejala lain yang akan muncul seperti feses menjadi warna hitam dengan nyeri perut yang parah. Untuk beberapa kasus, peradangan bisa memicu perubahan pada sel yang normal serta bisa berlanjut menjadi penyakit kanker lambung.

2. Stenosis pilorus

Diantara usus kecil dengan lambung terdapat katup berotot yang disebut sebagai stenosis pilorik. Kantup tersebut mempunyai tugas dalam tahankan makanan yang terdapat pada lambung yang akan dicerna terlebih dahulu sebelum dialirkan ke usus.

Sehingga membuat maag akut ataupun kronis bisa terjadi berkelanjutan, asam lambung yang berlebih yang akan menjadi tebal di bagian katup berotot tersebut. Sehingga kondisi itu akan bisa sebabkan jalur makanan agar bisa sampai hingga ke usus menjadi sempit.