Beberapa makanan yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi

Asupan makanan yang kalian Konsumsi pada setiap harinya adalag salah satu penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dengan begitu, ketika kalian telah terdiagnosis mempunyai tekanan darah tinggi, sangat penting bagi kalian untuk terapkan pola makan dalam menghindari beberapa makanan yang dapat memicu hipertensi. Hal tersebut juga bisa diterapkan bagi kalian yang ingin mencegah terjadinya hipertensi di masa depan.

Bedasarkan dari penyebabnya, ada dua macam hipertensi yang bisa terjadi,yakni hipertensi sekunder dan hipertensi primer atau esensial. Untuk hipertensi primer, penyebab terjadi tekananan darah yang tinggi tidak bisa diketahui dengan pastinya. Akan tetapi, biasanya kondisi tersebut ada kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti salah satunya adalah dengan pola makan yang tidak baik.

Pola makan yang tidak baik seperti konsumsi makanan yang tinggi akan natrium serta lemak jahat dan kolestrol. dengan terlalu banyaknya konsumsi kandungan itu di dalam darah bisa tingkatkan risiko penyempitan pada pembuluh darah. Namun apa saja makanan yang memiliki kandungan natrium, lemak jahat dan kolestrol yang dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagai berikut ini:

1. Makanan cepat saji

Jika kalian merupakan mengemar atau menyukai makanan cepat saji atau sering disebut dengan fastfood, sebaiknya kalian mulai untuk batasi dari sekarang. Pasalnya makan saji ini seperti kentang goreng, burger, ayam goreng, pizza, serta lainnya memiliki kandungan garam atau natrium yang tinggi dan juga lemak jahat sehingga bisa menjadi pemicu hipertensi.

Kandungan dari lemak jahat dan natrium tersebut didapatkan dari makanan olahan yang biasannya digunakan pada makanan cepat saji, seperti kentang goreng beku, roti, acar, keju, daging olahan dan lainnya. Contoh seperti pada 100 gram pizza dengan daging olahan dan toping keju memiliki kandungan lemak 3.825 mg dan kandungan natriumnya 556 mg.

2. Garam

Natrium klorida atau seperti yang kita sebut dengan garam ini adalah senyawa yang tersusun dari 60 persen klorida dan 40 persen natrium. Kedua kandungan tersebut merupakan elektrolit yang memiliki peran sangat penting untuk kesehatan tubuh, seperti mengatur tekanan dan volume dalam darah kalian.

Walaupun penting bagi kesehatan tubuh, konsumsi makanan yang telalu tinggi garam akan bisa terjadi gangguan pada kesehatan kalian, seperti tekanan darah tinggi. Kandungan pada natriumnya yang tinggi bisa merusak keseimbangan kalium dan natrium yang terdapat pada tubuh.