Jenis olahraga yang bisa kurangi perasaan depresi

Ada berbagai macam tips yang bisa dilakukan agar bisa redakan rasa depresi dan cemas, salah satunya dengan cara melakukan olahraga. Jenis olahraga apa yang dapat kurangi rasa depresi dan cemas?

ketika seseorang alami perasaan cemas atau depresi, dengan melakukan olahraga mungkin saja bisa jadi pilihan kegiatan terakhir yang dapat dilakukan. Akan tetapi, olahraga dengan motivasi sendiri ternyata dapat membuat perubahan yang cukup besar.

Seperti yang dilansir dari mayo clinic, ada beberapa penelitian tunjukkan bahwa olahraga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya kesehatan mental. Meskipun kaitan diantara depresi, cemas, dan olahraga masih belum cukup jelas, aktivitas dalam olahraga bisa membuat perasaan kalian menjadi lebih baik.

Olahraga secara teratur diyakini bisa membantu kalian untuk kurangi persaaan cemas dan depresi disebabkan beberapa hal. Yang pertama, olahraga bisa bantu lepaskan hormon endorfin, yakni senyawa kimia pada otak yang bisa tingkatkan suasana hati seseorang. Yang kedua adalah olahraga bisa lepaskan pikiran dari rasa khawatir dan cemas. Dengan begitu, aktivitas fisik bisa digunakan dalam alihkan perhatian dari pikiran yang negatif yang biasanya sering muncul ketika sedang depresi atau cemas.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa redakan gejala depresi cemas dan depresi:

1. Mendaki

Habiskan waktu di tengah rimbun pepohonan serta alam bisa jadi salah satu alternatif yang baik dalam menjaga kesehatan mental. Akan tetapi, bagaimana bila manfaatkan keuntungan itu sambil dengan melakukan olahraga supaya bisa kurangi rasa depresi dan rasa cemas sekaligus?

Ada cukup banyak macam olahraga yang dapat kalian lakukan di tengah alam. Kalian bisa mencoba salah satu dengan mendaki. Penyataan tersebut telah disetujui dr. Aaron L, yang merupakan direktur muda dalam program kardiovaskular. Menurut dr. Aaron L mendaki atau hiking merupakan cara yang cukup baik agar bisa menjaga kesehatan jantung kalian. Sementara itu, dengan habiskan waktu pada ruang hijau terbuka, seperti taman kota atau hutan yang bisa ringankan stres dengan alami.

2. Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang dinilai mampu untuk kurangi depresi dan rasa cemas. Ketika kalian berlari, tubuh kalian akan alami masa peralihan. Napas kalian akan menjadi lebih berat serta detak jantung akan menjadi lebih cepat sehingga bisa membantu alirkan darah yang berisi oksigen ke otot dan otak kalian. Dengan begitu adanya peralihan, lari akan bisa membantu untuk kurangi rasa cemas atau depresi walaupun hanya dalam beberapa waktu.