Mengenal struktur dari kulit manusia

Kulit merupakan salah satu organ yang paling besar terdapat di tubuh manusia. Bila dibentangkan, kulit tubuh pada orang yang dewasa bisa mempunyai luas kira-kira 2 meter persegi. Kulit memiliki peran dalam membungkus organ untuk pelindung serta sebagai pelindung dari paparan dari luar yang sangat membahayakan. Dengan menjadi organ yang terpenting dalam kelangsungan hidup seseorang, apakah kalian sudah mengetahui apa saja struktur dari antomi kulit ini? Simak penjelasan sebagai berikut ini.

Selain dari pada penyakit kulit, kalian perlu untuk ketahui mengenai kulit dengan general untuk pelindung tubuh seseorang yang memiliki sifat fleksibel, tahan air, namun tetap kuat. Pada biasanya, permukaan diatas kulit akan terasa sangat halus, diselingi dengan bulu serta pori-pori yang dapat keluarkan keringat. Struktur kulit ini mempunyai tiga bagai lapisan utama yakni bagian terdalam yaitu subkutan atau yang disebut dengan hipodermis, lapisan dermis yang ada dibagian tengah, serta epidermis merupakan bagian paling luar.

1. Hipodermis

Hipodermis merupakan lapisan kulit yang paling dalam juga sering dinamakan dengan lapisan subkutis atau subkutan. Hipodermis sendiri terdiri dengan sel lemak dan jaringan kolagen yagn memiliki tugas dalam lindungi suhu dingin dan panas pada tubuh. Lapisan tersebut juga sangat berguna dalam lindungi tubuh dari cedera dengan cara bertindak sebagai bantalan bagi tulang yang terlapisi. Sangat perlu bagi kalian ketahui bahwa ketebalan kulit bagi setiap orang pastinya berbeda-beda. Ada yang tipis serta ada yang tebal. Pada umumnya kulit yang terdapat pada tubuh seorang pria akan lebih tebal dari pada kulit anak-anak dan wanita. Akan tetapi, ketebalan pada kulit juga berpengaruh pada usia, ras, dan genetik.

2. Dermis

Dermis Merupakan lapisan kedua yang terletak diatas hipodermis dengan struktur lapisan kulit yang lebih tebal dari pada epidermis. Lapisan tersebut memiliki bentuk fondasi yang sangat kuat dalam lapiskan epidermis.

3. Epidermis
Epidermis merupakan satu-satunya bagian lapisan kulit yang dapat disentuh dan dilihat. Lapisan ini juga terdiri dari lima jenis sel, yakni stratum basal, stratum spinosum, stratum granulosum, stratum lucidum, dan stratum korneum.