Mengolah Dan Melatih Untuk Tidak Berekspektasi Terlalu Tinggi

Belajar merelakan dan mengikhlaskan bukanlah suatu hal yang mudah. Anda harus menyiapkan hati yang besar untuk semua itu. Apalagi hal yang terjadi terlalu besar, rasanya sangat sulit untuk mengikhlaskan. Sehingga ada ungkapan, jangan lah terlalu sayang, jangan terlalu cinta, jangan terlalu percaya, karena yang terlalu itu akan menyakitimu sendiri. Kadang kita saja masih sering kecewa pada diri sendiri, apalagi orang lain. Sehingga penting untuk kita ingat. Seseorang yang bisa kita harapkan ya hanya diri kita sendiri.

Mengolah Dan Melatih Untuk Tidak Berekspektasi Terlalu Tinggi

Memang benar jika kata orang apapun yang anda lakukan, pastikan itu anda lakukan untuk diri anda, bukan untuk orang lain. Sehingga yang merasakan hasil dari buah tersebut adalah anda sendiri bukan orang lain. Di dunia ini tidak ada yang bisa kita percayai 100%. Mungkin akan ada satu atau dua orang yang akan menghampirimu ingin membantu. Tapi mereka tidak akan ada selalu. Karena setiap orang memiliki masalah masing-masing. Setiap orang memiliki urusannya masing-masing. Jadi janganlah anda terlalu bergantung pada orang lain.

Mulailah belajar untuk bergantung pada diri sendiri. Mengandalkan diri sendiri. Jadi lakukan semua sendiri. Walaupun terkadang ada beberapa hal yang dimana anda butuh rekan atau orang lain untuk mengatasinya. Karena pada dasarnya orang tidak dapat hidup sendiri. Semua pasti akan hidup berdampingan. Dan belajarlah untuk tidak menaruh ekspektasi terlalu tinggi pada orang. Sehingga anda tidak akan mendapatkan kekecewaan. Apapun yang anda lakukan, ya lakukan seikhlasnya. Tanpa ada ekspektasi untuk dapat dibalas kebaikan anda.

Karena saat anda bisa melakukan semua dengan tulus, tanpa berekspektasi, dan tiba-tiba ada orang yang datang memberikan apresiasi besar akan hasil anda, akan jeri payah anda. Itu rasanya sebagai suatu penghargaan luar biasa. Dan rasa senang luar biasa. Karena anda tidak berekspektasi apa-apa. Tapi jika anda sudah menaruh ekspektasi pada sesuatu, dan misalnya semua terjadi sesuai ekspektasi anda, anda hanya akan merasa puas dan aman nyaman. Semua terkendali. Tapi tidak ada perasaan yang maksimal, seperti anda tidak menaruh ekspektasi.