Perjalanan Wanita Single Parent Dengan 4 Orang Anak Selama 14 Tahun

Bagi orang tua yang single parent memang tidaklah mudah mengurus dan membesarkan anak sendiri. Di saat seorang anak membutuhkan peran ayah dan ibu di waktu pertumbuhan. Dia terpaksa hanya mengenal satu sosok saja. Begitu luar biasa para orang tua single parent yang bisa membesarkan anaknya sendiri. Suatu penghargaan terbesar saya pribadi berikan kepada para single parent yang sudah berjuang sampai hari ini. Kalian luar biasa hebat.

Perjalanan Wanita Single Parent Dengan 4 Orang Anak Selama 14 Tahun

Ada beberapa alasan menjadi single parent, entah karena perceraian atau dipisahkan oleh maut. Dan ada beberapa orang yang memilih untuk tidak menikah lagi. Contoh terdekat adalah ibu saya. Dia berhasil menjadi single parent dengan 4 orang anak selama 14 tahun. Bukan hal yang mudah. Apalagi pada saat itu ayah saya meninggal, pada saat saya sendiri masih SD, kakak ketiga masih SMA, yang kedua masih kuliah dan yang tertua sudah bekerja. Baru 1 atau 2 tahun bekerja setelah selesai kuliah.

Dan sekarang kami semua sudah besar, dan yang pertama sudah menikah dan sisanya masih lajang. Dan ibu kami masih dengan senang hati mengurus kami. Saya sendiri sebagai perempuan tidak tahu bisa sekuat ibu saya atau tidak. Membesarkan 4 orang anak sendiri. Mencari nafkah, dan masih harus berperan sebagai ibu dan mengurus dirinya. Dan kadang dia sudah tidak peduli akan dirinya, yang penting kami anak-anak semua bahagia. Sehingga ibu adalah salah satu super hero yang sangat saya kagumi.

Tidak mudah membesarkan 4 orang anak dengan perbedaan karakter setiap orangnya. Dan apalagi saya yang paling kecil dan paling liar. Mungkin saya dan kakakku yang kedua paling sering membuatnya menangis. Kenakalan saya saat remaja, bandel, karena kehilangan arah. Dan terjerumus pada pergaulan yang salah. Tapi ibu saya masih membukakan pintu untuk saya mau sebanyak apapun kesalahan ku, dia masih menerimaku. Dan itu membuatku sekarang terus ingin memberikan yang terbaik baginya.

Memberikan apa yang dia inginkan. Dan ingin membuatnya bahagia. Dan bisa menikmati hari tuanya, dan melakukan hobi nya. Ibu seorang penyayang yang bisa menjadi superkuat, teliti, murah senyum, dan hangat. Sudahkan anda menanyakan kabar ibu anda hari ini?