Tahukah Kamu ?. Penggunaan Earphone Dapat Merusak Pendengaran Kamu

Modernisasi dan kemajuan teknologi telah memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan tingkat kebisingan sekitar. Penggunaan jangka panjang dari earphone untuk mendengarkan musik adalah pada peningkatan, terutama di kalangan muda. Jika hal yang sama tidak digunakan terus menerus itu akan menyebabkan kerusakan pada telinga.

Sangat penting untuk diingat bahwa banyak perangkat sering memiliki output suara yang mencapai 110dB dan karenanya cukup kuat untuk menyebabkan gangguan pendengaran akibat kebisingan dengan eksposur tunggal.

Semakin keras kebisingan, semakin pendek waktu umur pendengaran pada telinga Anda

1. Batas atas eksposur harian yang aman dijadwalkan untuk suara 85dB adalah 8 jam.
2 Umumnya, waktu pencahayaan yang aman dikurangi dengan faktor 2 untuk setiap tambahan 3 dB
3. Eksposur yang aman di 91 dB hanya 2 jam [Institut Nasional keselamatan dan kesehatan kerja, 1998].

Cara sederhana untuk menentukan volume aman adalah dengan menggunakan earphone pada volume “yang memungkinkan pemakainya mendengar suara percakapan normal “. Bahkan pada volume ini, terus-menerus mendengarkan earphone meskipun harus dibatasi untuk satu jam diikuti oleh waktu istirahat 2 jam.

Paparan berkepanjangan terhadap kebisingan keras tidak hanya dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen tetapi juga kondisi kesehatan lainnya seperti sakit kepala, kurangnya orientasi dll.

Selain dampaknya pada pendengaran, polusi suara juga menyebabkan efek non pendengaran seperti :

1. Komunikasi terganggu.
2. Perubahan fisik-miskin konsentrasi, kelelahan, reaksi stres. Kelelahan.
3. Gangguan tidur.
4. Kardiovaskular efek-risiko hipertensi/IHD.
5. Efek kesehatan mental-neurosis, iritabilitas, kecemasan, stres emosional, perubahan mood, defisit memori.
6. Kinerja yang buruk-di sekolah, tempat kerja.
7. Perubahan perilaku orang lain, pemarah, kekecewaan, depresi

Dengan demikian menjadi lebih penting bagi kita untuk berhati-hati pada penggunaan earphone. Dalam kasus anak, tanggung jawab terletak pada orang tua. Ini adalah tanggung jawab mereka untuk memonitor dan mengatur penggunaan earphone, sehingga memastikan bahwa anak mereka memiliki masa kecil yang indah.

Memang segala sesuatu kalau sudah melebihi dari porsinya itu tidaklah baik, anggap saja makanan jika kita lapar dan makan berlebihan itu tentu saja tidak baik juga bagi kesehatan kita dapat menyebabkan berbagai macam keluhan, seperti sakit perut dsb. Begitu juga dengan penggunaan earphone yang berlebihan juga berdampak pada kesehatan telinga terutama pendengaran kamu.

Tinggalkan komentar