Beberapa makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata

Wortel merupakan makanan yang paling terkenal dengan manfaat bagi kesehatan mata yang kita ketahui selama ini. Akan tetapi, bukan hanya wortel saja atau vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata kalian.Ada makanan lain yang memiliki kandungan gizi lain yang bermanfaat bagi kesehatan mata kalian.

Makanan yang mempunyai kandungan asam lemak omega-3, zeaxanthin, lutein, seng, Vitamin E dan C juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kalian. Semua zat gizi tersebut bisa membantu untuk cegah degenerasi makula dan katarak yang dikarenakan oleh faktor usia.

1. Ikan

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata. asam lemak omega-3 bisa bantu untuk lindungi mata dari katarak, mencegah degenerasi makula dan lindungan mata dari kekeringan. Selain dari pada itu, ada beberapa bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mempunyai manfaat antiperadangan, yang bisa kurangi risiko degenerasi makula. Asam lemak juga bisa ditemukan pada retina mata kalian. Bila kadar dari asam lemak diretina yang rendah, akan bisa sebabkan mata menjadi kering. Ikan yang mempunyai kandungan asam lemak omega 2 seperti makerel, sarden, tuna, dan salmon. Bila kalian tidak menyukai makan ikan atau tidak bisa untuk konsumsi makanan laut. Asam lemak omega 3 juga dapat kalian dapatkan dari suplemen minyak ikan ataupun suplemen yang memiliki kandungan minyak nabati, contohnya minyak biji rami atau minyak biji kismis.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kandungan vitamin E yang ditemukan pada beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond dan biji bunga matahari. Vitamin E tersebut juga sangat diperlukan agar bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata melalui cara perlambatkan degenerasi makula. Vitamin C dan Vitamin E bekerja sama untuk bisa menjaga kesehatan jaringan mata.

Pada biji bung matahari ada ditemukan kandungan dari vitamin E dan seng. Sedangkan yang ada pada kacang almond terdapat kandungan dari asam lemak omega-3. kandungan dari asam lemak omega-3 dan seng yang bisa tingkatkan kesehatan mata kalian.