Beberapa makanan yang merupakan karbohidrat baik untuk sebelum melakukan olahraga

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang perlu kalian konsumsi sebelum melakukan olahraga. Akan tetapi karbohidrat sebenarnya bukan hanya diperlukan ketika olahraga saja, namun aktivitas lainnya juga menggunakan karbohidrat. Apa saja makanan yang memiliki sumber karbohidrat terbaik sebelum melakukan olahraga. Berikut ini ulasannya.

Sumber energi yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat. Walaupun begitu cukup banyak orang yang selalu ingin hindari karbohidrat dengan alasan agar bisa kurangi kalori hariannya. Sebenarnya karbohidrat ini malah sangat bagus bagi kalian selain itu sangat disarankan untuk konsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik. Walaupun penting, kalain tetap diharuskan untuk perhatikan porsi makanan serta jenis dasri karbohidrat yang kalian makan. Sebab tidak semua makanan yang memiliki kandungan karbohidrat baik bagi tubuh kalian. Berikut ini ada beberapa macam makanan sumber karbohirat yang bagus dimakan sebelum melakukan olahraga:

1. Kentang

Kentang merupakan salah sat sumber karbohidrat yang mudah dibakar oleh tubuh seseorang. Karbohidrat yang terkandung didalam kentang merupakan karbohidrat kompleks. Yang tidak akan sebabkan dorongan gula darah yang terlalu berlebihan. Dengan bagitu, bisa dikatakan aman kandungan karbohidrat yang terdapat pada kentang yang sangat bagus dimakan sebelum melakukan olahraga.

Cukup banyak orang yang salah bahwa konsumsi kentang dengan mengupas kulitnya. Sebab, kentang yang  dikonsumsi dengan kulitnya sekaligus memiliki kandungan sering yang tinggi dibandingkan bila dikonsumsi dengan tanpa ada kulitnya. Makanlah kentang rebus sekitar 2 butir 30 menit sebelum melakukan olahraga.

2. Roti gandum

Roti gandum merupakan sumber karbohidrat sangat baik. Sebab, roti gandum utuh hanya memiliki kandungan 80 sampai dengan 90 kalori per lembarnya. Makanan yangsaatu ini sangat cocok sebagai sarapan mempunyai 2 gram serat serta rendah akan gula. Dalam satu lembar roti gandum utuh hanya terdapat 1 gram gula saja. Namun kalian harus pilih roti yang benar-benar terbuat dari gandum utuh, setidaknya 80 persen dari gandum utuh. Biasanya roti gandum yang dibawah 50 persen kebawah, telah banyak campuran gula, tepung terigu yang sangat kurang akan seratnya. Kalian bisa konsumsi sekitar 2 potong roti gandum 45 menit sebelum kalian melakukan olahraga.