Efek samping suntik insulin yang tidak boleh dianggap remeh

Untuk para penderita diabetes melitus, suntik insulin merupakan salah satu cara yang terbaik agar bisa membantu kalian dalam mengontrol kadar gula supaya bisa tetap stabil. Walaupun begitu, insulin sendiri juga mempunyai potensi efek samping. Efek samping dari suntik insulin dapat berkisar ringan hingga berat sampai harus butuhkan penanganan darurat. Berikut ini ulasannya.

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh tubuh supaya bisa ubah glukosa pada tubuh menjadi energi. Untuk orang yang sehat, hormon insulin dapat diproduksi dengan alami. Akan tetapi, bagi orang diabetes, produksi insulin akan kurang dan bahkan tidak ada sama sekalinya. Sehingga sangat diperlukan insulin tambahan melaui cara suntikkan ke dalam tubuh.

Suntik insulin memiliki peran penting agar bisa bantu dalam stabilkan gula darah serta dapat kendalikan gejala diabetes. Akan tetapi,bila tidak menggunakan dalam waktu dan dosis yang tepat, suntik insulin memiliki potensi sebabkan efek samping.

Seperti yang dikabarkan dari UK Health Center bahwa ada beberapa efek samping dari suntik insulin yang bisa saja terjadi bagi penderita diabetes sebagai berikut ini:

1. Kenaikan berat badan

Dengan bertambahnya berat badan merupakan efek samping yang cukup umum terjadi pada saat penggunaan insulin.

Tambahan insulin dapat bantu tubuh dalam menyimpan glukosa dengan begitu akan bisa membantu tubuh tidak kelebihan gula darah. Selain itu insulin juga dapat buat tubuh bisa simpan glukosa itu dengan bentuk lemak atau glikogen. Sehingga tingkatnya lemak tersebut akan bisa buat berat badan menjadi naik.

Bila kalian tidak bisa kontrol pola makan ketika sedang alami diabetes, risiko efek samping dari suntik insulin akan bisa menjadi lebih besar. Dengan semakin konsumsi banyak makanan, apalagi konsumsi makanan yang tidak sehat, gula darah akan dapat meningkat drastis.

2. Reaksi alergi

Reaksi alergi yang disebabkan efek samping dari suntik insulin ditandai dengan kulit memerah serta terasa gatal. Selain dari pada itu terkadang bisa terjadi pembengkakan disertai dengan rasa nyeri. Efek samping tersebut disebabkan jarum suntuk yang kurang tajam dengan begitu melukai kulit. Namun untuk kondisi tersebut dapat pulih dengan cepat.