Etika, Sopan Santun Menjadi Hal Paling Penting Dibanding Barang Branded

Etika adalah salah satu hal yang penting untuk semua orang miliki. Karena itu merupakan modal untuk anda masuk ke manapun. Entah masuk pada suatu lingkungan, masuk ke rumah orang, masuk pada suatu lembaga pendidikan, atau masuk kerja. Semua orang akan menilai anda dari etika anda. Mau secantik apapun orang itu, mau sepintar apa pun orang itu. Pada akhirnya etika lah yang akan diperhatikan dan nilai oleh orang sekitarmu.

Etika, Sopan Santun Menjadi Hal Paling Penting Dibanding Barang Branded

Banyak orang yang di zaman sekarang, mengutamakan penampilan dan isi otak. Belajar setinggi-tingginya. Ada yang bahkan belajar sampai ke luar negeri untuk menuntut ilmu. Ada orang yang rela mengeluarkan uang jutaan bahkan miliaran rupiah untuk mendapatkan suatu barang branded. Untuk di pakai, untuk di tunjukkan bahwa dia mampu dan dia orang yang berada. Orang berlomba-lomba memiliki fashion yang bagus, dan mahal. Sehingga ada orang yang sekali berdandan, semua total outfit yang dipakai sampai ratusan bahkan milliaran rupiah.

Tapi semua balik lagi, orang tidak akan menilai harga dari pakaian anda, orang tidak menilai setinggi atau sejauh apa anda menuntut pendidikan. Tetapi orang akan melihat perilakumu, attitude mu, caramu berbicara, tata bahasamu. Etika, sopan santun. Itulah yang akan dinilai pada akhirnya. Jika anda memakai berbagai barang branded sekalipun, menggunakan hp iphone 13 sekalipun, tapi jika anda tidak memiliki attitude, tidak memiliki etika. Itu akan percuma. Orang hanya memandang sebelah mata. Pun orang itu akan hormat atau segan padamu. Dia hanya segan karena ada niatnya. Karena harta dan uang anda. Karena jabatan atau kepintaran yang anda miliki.

Tapi bukan diri anda, bukan karakter anda. Dan itu bersifat tidak tetap. Jadi sewaktu-waktu anda tidak memakai atau kehilangan segala barang branded anda, dan anda datang dengan gaya apa adanya, orang pun tidak akan melihat anda ataupun segan pada anda. Karena sudah tidak ada nilai apa-apa yang bisa mereka segani dari anda. Karena anda tidak memiliki etika. Berbeda dengan orang yang beretika. Meskipun dia memakai barang yang biasa-biasa saja, tapi orang akan melihatnya dan menghormatinya.